PARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Bookmark and Share
MASALAH

Analisis Proses
a.       Kinerja Guru
1)      Guru Langsung Menyampaikan Materi Pelajaran tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam Secara Drill Dengan Langsung Memberikan Informasi Pada Siswa Tanpa Adanya Pengalaman Belajar Yang Diperoleh Siswa.
2)      Guru dalam materi pembelajaran kurang menitikberatkan kepada siswa, dimanan yang terjadi guru sebagai teacher center yang menyulitkan siswa untuk mengembangkan sisi pemahaman dan pola pikirnya.
3)      Guru hanya menggunakan metode ceramah saja
4)      Guru tidak menggunakan media.

b.      Aktivitas Siswa
1)      Siswa Hanya Duduk Menyimak Ceramah Guru Dan Hanya Sekali-Kali Bertanya.
2)      Sebagiaan besar siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran cenderung berlangsung satu arah.
3)      Siswa yang aktif dalam pembelajaran hayna siswa yang itu-itu saja (dominasi beberapa siswa ayng terlalau berlebihan)
Analisis Hasil
1)      Keadaaan pembelajaran monoton
2)      Kemempuan siswa untik memahami materi kurang
Siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran hanya sedikit

TINDAKAN
Dengan beberapa analisis masalah yang timbul, maka dilakukan suatu pengkajian masalam dan pemecahannya, dan langkah yang diambil adalah :

Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stary Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Tokoh Sejarah
Pada Masa Hindu, Budha Dan Islam Di Sekolah Dasar Negeri Mergaasih Kecamatan Conggeang
Kabupaten Sumedang

TARGET
1.      Secara umum :
Target yang menjadi fokus Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stary Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Materi Tokoh Sejarah
Pada Masa Hindu, Budha Dan Islam Di Sekolah Dasar Negeri Mergaasih Kecamatan Conggeang
Kabupaten Sumedang adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

2.      Secara khusus :
A.    Proses
1)      Kinerja Guru
a.    Perencanaan
a)      Memberikan tugas pada pertemuan sebelumnya untuk mencari artikel atau yang berkaitan dengan materi
b)      Membuat RPP dengan mengacu pada kurikulum
c)      Membuat dan memlih media yang efektif dan efisien dalam penerapan pembelajaran.
Target yang ingin dicapai pada tahap perencanaan ini dalah 100 %

b.      Pelaksanaan
a)      Menyiapkan materi
b)      Mengelompokkan siswa
c)      Melaksanakan prosedur cooperative learning
d)     Membimbing siswa dalam aktivitas pembelajaran
e)      Menyimpulkan materi pembelajaran
f)       Melaksanakan evaluasi

Target yang ingin dicapai pada tahap pelaksanaan  ini dalah 80 %

2)      Aktivitas siswa
a.       Memperhatikan gambar
b.      Mengidentifikasi tokoh yang ada pada gambar
c.       Membagikan hasil kerja kelompoknya
d.      Menyerap informasi dari kelompok lain
e.       Membahas dan membandinngkan hasil kerja kelompok lain
f.       Mengemukakan pendapat kelompoknya
g.      Menarik kesimpulan

Target yang ingin dicapai pada tahap aktivitas siswa  ini dalah 80 %

B.     Hasil
1.      Keadaan pembelajaran menjadi lebih menarik dan hidup
2.      Hasil belajar siswa menjadi leih meningkat dari sebelumnya
3.      siswa lebih bayak terlibat aktif dalam penbelajaran.

Target yang ingin dicapai pada tahap hasil   ini adalah 80 %

INDIKATOR
1.      Proses Pembelajaran
A.    Kinerja guru
1)      Perencanaan
a.       Memberikan tugas pada pertemuan sebelumnya untuk membawa artikel atau gambar yang berkaitan dengan materi
b.      Membuat RPP dengan mengacu pada kurikulum
c.       Membuat dan memlilih media
2)      Pelaksanaan
a.       Menyiapkan materi
b.      Mengelompokkan siswa
c.       Melaksanakan prosedur cooperative learning
d.      Membimbing siswa dalam pembelajaran
e.       Menyimpulkan materi
f.       Melakukan evaluasi
B.     Aktivitas Siswa
a.       Memperhatikan gambar
b.      Mengidentifikasi tokoh
c.       Membagikan hasil kerja kelompoknya
d.      Menyerap informasi dari kelompok lain
e.       Membahas dan membandingkan hasil kerja kelompok lain
f.       Mengemukakan pendapat kelompknya
g.      Menarik kesimpulan

2.      Hasil Pembelajaran
A.    Siswa menceritakan tokoh sejarah pada masa Budha
B.     Siswa dapat menceritakan tokoh sejarah pada masa Hindu
C.     Siswa dapat menceritakan tokoh sejarah pada masa Islam

INSTRUMEN
a.       Lembar Obesrvasi
b.      Pedoman Wawancara
c.       Catatan Lapangan
d.      Soal Tes Subjektif

EVALUASI
a.       Tes
b.      Non Tes

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar