Home » pengembangan kurikulum » PENGEMBANGAN KURIKULUM IPS
PENGEMBANGAN KURIKULUM IPS
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Telaah Kurikulum IPS
Pada Program Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan Profesi Angkatan II Tahun 2008-2009
DISUSUN OLEH:
Hari Budiyanto
PENDIDIKAN PROFESI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura Telp. 0271-717417, 719483
Fax. 715448 Surakarta 57102
Kelas : VII
No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Indikator Terpadu Alokasi waktu
2 Memahami kehidupan sosial manusia. 2.4.Mengurai-kan proses interaksi sosial · Mengidentifikasi proses sosial asosiatif .
· Memberi contoh proses sosial disosiatif. · Membuat peta rute penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Barat
· Mendeskripsikan tujuan kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia ditijau dari segi ekonomi
· Mengidentifikasi jenis, bentuk dan pemanfaatan peta untuk persebaran kebudayaan di Indonesia
· Mengidentifikasi akibat kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia di bidang sosial budaya
· Membuat peta perlawanan bangsa Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat
· Membuat peta pertambangan di Indonesia
· Mendeskripsikan potensi sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat Indonesia
· Mendeskripsikan kegiatan ekonomi pemerintahan Belanda di Indonesia
· Mendeskripsikan akibat kebijakan ekonomi Belanda bagi rakyat Indonesia
·
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya. 4.1. Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan
· Membedakan peta, atlas, dan globe.
· Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
· Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe
· Mengartikan berbagai skala.
· Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi · Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi.
· Menentukan skala peta.
· Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.
5 Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa. 5.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa · Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia
· Mengidentifikasi cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
· Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa
· Mendiskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat.
6.2. Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa
· Mendefinisikan penger-
tian dan macam-macam
kegiatan ekonomi.
· Mendefinisikan pengertian
konsumsi dan jenis
barang-barang yang
dikonsumsi siswa dan
keluarga ( harian,
mingguan dan
bulanan ).
· Menyusun skala pri-
oritas dalam meme-
nuhi kebutuhan
sebagai siswa.
· Mengidentifikasi aspek- aspek positif dan negatif perilaku
konsumtif seseorang.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang.
· Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
· Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
· Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam kehidupan
suatu usaha/bisnis
· Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu
hasil produksi (bidang industri dan pertanian ) baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi
· Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
· Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)
· Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan.
· Mendefinisikan pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Mojokerto
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VII / I
Standart Kompetensi : 2 Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi Dasar : 2.4 Menguraikan proses interaksi sosial.
Indikator :
· Mengidentifikasi proses sosial asosiatif
o Memberi contoh proses sosial disasosiatif
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengidentifikasi proses sosial asosiatif
2. Mengidentifikasi proses sosial disasosiatif
B. MATERI AJAR
a. Proses Asosatif
b. Proses Diasosiatif
C. METODE PENGAJARAN
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya jawab
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
· Pertemuan I
1. Materi : Proses Asosiatif
2. Pendahuluan
a. Apresiasi
b. Motivasi
3. Kegitan Inti
a. Siswa membaca buku sumber dengan dipandu oleh guru tentang macam-macam proses sosial asosiatif.
b. Kelas dibagi dalam 8 kelompok masing-masing kelompok membahas tugas.
c. Guru mengamati dan memantau diskusi siswa dari kelompok ke kelompok dan membantu siswa bila mengalami kesulitan
d. apabila diskusi selesai guru menunjuk salah satu kelompok untuk melaporkan hasil diskusi.
e. Kelompok lain menanggapi dan menyimpulkan bersama kemudian mencatat hasil kesimpulannya samapi tugas diskusi selesai.
4. Penutup
a. Kesimpulan
b. Penilaian
c. Memberi tugas siswa untuk menari berita tentang materi yang menggambarkan kerjasama, akomodasi dan asimilasi
· Pertemuan II
1. Materi : Proses Diasosiatif
2. Pendahuluan
a. Apresiasi
b. Motivasi
3. Kegiatan Inti
a. Dengan dipandu guru siswa memmbaca buku sumber tentang macam-macam proses diasosiatif
b. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
c. Siswa diminta mendiskusikan materi dengan bantuan buku sumber.
d. Guru mengamati dan memantau diskusi siswa.
e. Apabila diskusi selesai guru menunjuk slaah satu kelompok dengan siswa yang mewakili untuk melaporkan hasil diskusi. Guru mendiskusikan semua siswa siap melaporkan dengan masalah lainnya.
f. Siswa menuliskan semua masalah yang telah dibahas.
4. Penutup
a. Kesimpulan
b. Penilaian
c. Tugas Individu
E. SUMBER BELAJAR
a. Buku Paket IPS kelas VII penerbit Mediatama
b. Buku paket Sosiologi penerbit Cempaka Putih
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a. Tes tulis
b. Laporan hasil diskusi
........................................................
Mengetahui
Kepala SMP .................................. Guru Mata Pelajaran
……………………………………… …………………………..
G. INSTRUMEN DISKUSI
1. Diskusikan dengan kelompok tentang bentuk proses osial asosiatif yaitu kerjasama, akomodasi dan asimilasi, apa bentuk interakasi yang terjadi ? Siapa pelakunya ? Mengapa interaksi berlangsung ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Mojokerto
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VII / 2
Standart Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.1 Menggunakan peta, atlas, glebe untuk
mendapatkan informasi keruangan.
Indikator :
· Membedakan pengertian peta, atlas, globe
· menunjuk unsur-unsur peta.
· Mendeskripsikan tiga fungsi peta
· mengubah skala peta.
· Menunjuk 5 unsur atlas.
· menafsirkan indek atlas
· Menjelaskan fungsi globe
Alokasi Waktu : 8 jam pelajran
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah aselesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Membedakan pengertian peta, atlas, globe.
2. Menunjukkan unsur-unsur peta.
3. Mendeskripsikan 3 fungsi peta
4. mengubah skla peta.
5. Menunjukkan 5 unsur peta.
6. Menafsirkan indeks atlas.
7. menunjukkan fungsi globe.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian peta, atlas, globe.
2. Menunjukkan unsur-unsur peta.
3. Fungsi peta
4. Memperbesar / memperkecik peta.
5. Unsur-unsur atlas.
6. Indeks atlas.
7. Fungsi globe.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Pengamaan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
Apersepsi : Guru menampilkan peta, atlas dan globe.
Motivasi : Siswa diminta mengamati peta, atlas dan globe yang tersedia
Guru meminta salah satu siswa untuk menunjukkan letak suatu kota dipeta
b. Kegiatan Inti
- Membedakan pengertian peta, atlas, globe.
- Menunjukkan unsur-unsur pokok peta.
- Menunjukkan unsur-unsur pendukung peta.
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi : siswa menyimpulkan pengertian peta, atlas, globe dan menunjukkan unsur-unsur peta
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
- Apersepsi : guru menampilkan contoh peta asli dan peta yang sudah diperbesar.
- Motivasi : mengamati suatu peta. Dapatkah peta tersebut diperbesar atau diperkecil
b. Kegiatan Inti
- Tanya jawab tentang alat memperbesar atau memperkecil peta.
- Tanya jawab tentang bahan dan alat yang digunakan dalam memperbesar atau memperkecil peta dengan menggunakan garis-garis koordinat.
- Menyiapkan alat dan bahan memperbesar atau memperkecil peta dengan menggunakan garis-garis koordinat.
- Menentukan peta yang diperbesar.
- Menentukan garis-garis koorinat pada peta yang akan diperbesar.
- Membuat garis-garis koordinat pada kertas kerja sesuaii dengan perbesaran yang diinginkan.
- Menyalin peta dari peta asli ke kertas kerja.
- Menentukan skala peta yang diperbesaar.
- Tanya jawab tentang unsur yang berubah dan tidak berubah dari peta yang diperbesar.
c. Penutup
- Refleksi siswa menyampaikan tentang kesulitan dalam memperbesar peta
3. Pertemuan 3
1. Apersepsi : Guru menyiapkan peta dan atlas
Guru meminta siswa untuk mengamati peta, dan atlas yang tersedia
2. Kegiatan Inti
- Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
- Setiap kelompok diberi tugas untuk :
à Mendeskripsikan 3 fungsi peta
à Menunjukkan 5 unsur peta.
- Setiasp kelompok mempresentasikan hasil kerja.
- Tanya jawab tentang fungsi peta, dan unsur atlas.
3. Penutup
Guru memberikan kesimpulan tentang fungsi peta dan unsur atlas
4. Pertemuan 4
- Apersepsi : - Guru menyiapkan atlas dan globe.
- Guru meminta siswa menunjukkan garis lintang dan garis bujur pada globe
- Kegiatan inti
4. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
5. Setiap kelompok diberi tugas untuk
à Menafsirkan indeks atlas dan data yang diberikan.
à Menunjukkkan garis lintang dan garis bujur.
à Menjelaskan fungsi globe.
6. Siswa dapat diberi kesempatan untuk bertanya tentang kesulitan yang dihadapi.
- Penutup
7. Guru memberikan kesimpulan
E. SUMBER MEDIA
1. Peta
2. Atlas
3. Globe
4. Kertas HVS
5. Buku IPS Geografi kela VII, Nur Wahyudi, S.Si dkk, Cempaka Putih, 2007
6. Buku IPS Terpadu dan Konsektual untuk SMP / MTS, Joko Ilham dkk, Mediatama, tahun 2007
F. PENILAIAN
1. Teknik penilaian
a. Tes tulis
b. Tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen
a. Tes uraian
b. Uji petik produk
3. Soal Instrumen
Tes Uraian
1. Bedakan pengertian atlas, globe
Non Tes
2. Tunjukkan unsur-unsur pokok peta !
Tunjukkan unsur-unsur pendukung peta
3. Perbesarlah peta yang tersedia 2 x dari ukuran aslinya
4. Jelaskan 3 fungsi peta!
5. Tunjukan 5 unsur atlas ! (non tes / unjuk kerja)
6. Jelaskan maksud dari indeks berikut
Kota A 30 C 3
7. Tunjukkan garis lintang dan bujur kota Surabaya pada peta
(non tes)
8. Jelaskan fungsi globe
........................................................
Mengetahui
Kepala SMP .................................. Guru Mata Pelajaran
……………………………………… …………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Mojokerto
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VII / 2
Standart Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya .
Kompetensi Dasar : 4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografis.
Indikator :
§ Membuat sketsa wilayah dan obyek geografis
§ Menentukan skala peta
§ Menentukan simbol-simbol geografis pada peta
Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui kinerja kelompok siswa dapat membuat sketsa wilayah obyek geografis dengan benar.
b. Melalui kerja kelompok siswa dapat menentukan skala sketsa dengan benar.
c. Melalui kerja kelompok siswa dapat menentukan simbol-simbol geografis pada peta.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Sketsa wilayah dan obyek geografis
2. Menentukan skala peta
3. Menentukan simbil-simbol geografis pada peta
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Diskusi
2. Inkuiri
3. Observasi / pengamatan
4. Ceramah
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
v Pertemuan I
1. Pendahuluan
- Apresiasi : Guru menampilkan peta dan sketsa di depan kelas.
- Motivasi : Siswa diminta salah seorang siswa untuk menyebutkan beberapa obyek geografis yang ada di peta sketsa tersebut.
2. Kegiatan Inti
- Siswa dibagi dalam 8 kelompok
- Tiap-tiap kelompok diberi tugas untuk membuat sketsa sekolah.
- Tiap-tiap kelompok diminta keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekolah + 15’ (menit).
- Setelah 15’, masuk kelas kembali untuk menggambarkan hasill pengamatannya menjadi sebuah sketsa.
- Selama siswa menyelesaikan tugasnya, guru berkeliling ke tiap kelompok untuk memberikan bimbingan.
- Setelah tugas selesai dikumpulkan.
3. Penutupan
- Guru mengamati dan mengomentari hasil kerja tiap-tiap kelompok
- Guru meminta siswa untuk mempersiapkan peralatan yang harus dibawa untuk pertemuan berikutnya.
v Pertemuan II
4. Pendhuluan
- Apresiasi : Guru menampilkan gambar sketsa.
- Motivasi : - Siswa diminta menunjukkan skala sketsa tersebut.
- Siswa diminta mengartikan skala sketsa tersebut.
5. Kegiatan Inti
a. Siswa diminta membentuk kelompok seperti pertemuan yang lalu.
b. Guru membagikan hasil kerja kelompok pada minggu lalu
c. Tiap-tiap kelompok diminta menentukan skala dan simbol-simboll yang ada pada peta yang telah dibuat oleh kelompoknya.
d. Guru berkeliling kelompok untuk memberikan bimbingan.
6. Penutup
- Guru Mengamati dan mengomentari hasil kerja tiap kelompok.
- Guru dan siswa menyimpulkan tentang skala, simbol pada skala peta.
E. SUMBER DAN MEDIA PENDIDIKAN
- IPS, Geografi kelas VII, Nurwahyudi, S.SI dkk, Cempaka Putih. 2007.
- IPS Terpadu dan Konsektual untuk SMP / MTs, Joko Ilham dkk, Mediatama. 2007.
F. PENILAIAN
1. Teknik penilaian : Non tes
2. Bentuk instrumen : Unjuk kerja
3. Soal / instrumen :
a. Buatlah sketsa sekolah
b. Tentukan skala dari sketsa tersebut.
c. Tentukan simbol-simbol dari sketsa tersebut.
........................................................
Mengetahui
Kepala SMP .................................. Guru Mata Pelajaran
……………………………………… …………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ...................................................
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VII / 2
Standart Kompetensi : 5. Memahami perkembangan masyarakat sejak
Masa Hindu Budha sampai masa kolonial.
Kompetensi Dasar : 5.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa.
Indikator :
- Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia
- Mengidentifikasi cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
- Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa
- Mendiskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran siswa dapat :
1. Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia
2. Mengidentifikasi cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
3. Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa
4. Mendiskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
B. MATERI POKOK
1. Proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia
2. Cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
3. Reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa
4. Perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
C. PENDEKATAN DAN METODE
a. Pendekatan : Kontruktivistik
b. Metode : Cooperative lerning tekhnik group investigasi
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Kegiatan Belajar Waktu Ket
I Pendahuluan
a. Memberi salam dan berdoa
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Apersepsi
- Jelaskan secara singkat akibat penjelajahan samudra
- Sebutkan bangsa Eropa yang pernah menjajah Indonesia
Kegiatan Inti
a. Menanyakan peta dunia rute penjelajahan samudra oleh Ferdinand De Magelhaens
b. Mengulas letak geografis portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris
c. Membagi kelompok diskusi menjadi 8 kelompok dengan tema “Mengapa bansga Eropa terangsang datang dan menjajah Indonesia”
d. Mendiskusikan tema tersebut diatas
e. Mempresentasikan hasil diskusi
f. Tanya jawab hasil diskusi dengan kelompok penyangga
Penutup
a. Kesimpulan
b. Evaluasi proses belajar
c. Penugasan secara kelompok
II 1. Pendahuluan
a. Salam dan doa
b. Menyanyikan lagu nasional “Satu Nusa Satu Bangsa”
c. Mengabsen siswa
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran
e. Apersepsi :
Memperlihatkan pakaian adat Yogya dan jas berdasi
2. Kegiatan Inti
a. Menyampaikan materi pokok pembahasan
b. Membagi kelompok diskusi menjadi 3 kelompok
c. - Kelompok 1 mendisusikan
“Perkembangan masyarakat” pada masa kolonial Eropa dii Indonesia
- Kelompok 2 : mendiskusikan :
“Perkembangan Kebudayaan” pada masa kolonial Eropa dii Indonesia
- Kelompok 3 mendiskusikan
“Perkembangan Pemerintahan” pada masa kolonial Eropa dii Indonesia
d. Selesai diskusi perwakilan kelompok mempresentasikan didepan kelas dan ditanggapikelompok lain.
3. Penutup
Mengumpulkan hasil diskusi dan menyanyikan lagu dangdut berjudul “135 juta penduduk Indonesia” ciptaan OMA IRAMA.
E. SARANA ALAT DAN SUMBER BAHAN PEMBELAJARAN
1. Peta dunia
2. Atlas
3. Buku paket sejarah
4. Buku lain yang relevan
5. Gambar budaya Eropa dan pakaian adat
6. Lembar pengamatan
F. PENILAIAN
1. Penilaian proses : kerjasama dalam diskusi dan presentasi
2. Penilaian hasil :
a. Jawaban kelompok
b. Laporan hasil diskusi
3. Alat penilaian
a. Lembar Pengamatan observasi
........................................................
Mengetahui
Kepala SMP .................................. Guru Mata Pelajaran
……………………………………… …………………………..
INTRUMEN PENILAIAN
I. Jelaskan :
1. Latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
2. Tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
3. Keadaan umum bangsa Indonesia pada masa kolonial Eropa di Indonesia dalam bidang :
Ekonomi, Sosial, Budaya dan pemerintahan
II. Tunjukkan pada peta letak geografis Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris, dan Indonesia
Kunci 5.3
I. Kedatangan Bangsa eropa ke Indonesia
1. Dilatar belakangi akibat dampak dari penjajahan samudra. Salah satunya Ferdinand De Magelhaehs mengelilingi dunia melalui wilayah nusantara yang kaya akan rempah-rempah.
2. a. Mencari daerah jajahan
b. Mencari rempah-rempah (Maluku)
3. Keadaaan ekonomi bangsa Indonesia sangat memprihatinkan demikian kondisi sosial budaya bangsa Indonesia juga sangat memprihatinkan dibawah tekanan penjajah bangsa Eropa dan sistem pemerintahan berbentuk kerajaan di adu domba antara kerjaaan yang satu dengan yang lain.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ....................................................
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 6 Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan Kegiatan Pokok Ekonomi yang meliputi kegiatan Konsumsi, Produksi dan Distribusi barang / jasa
Indikator :
o Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
o Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis-jenis barang yang di
· konsumsi siswa dan keluarga (harian, mingguan, dan bulanan)
o Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
· Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang
§ Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
§ Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
§ Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi
· dalam kehidupan suatu usaha / bisnis
· Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guru meningkatkan ?
· dan mutu hasil produksi (bidang industri dan pertanian) baik melalui
· intensifikasi maupun ekstensifikasi
§ Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
· 11. Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak
· langsung dan semi langsung)
§ Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam
· kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan
· Mendefinisikan pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha
Alokasi Waktu : 8 Jam
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1. Menyebutkan kegiatan pokok ekonomi
2. Menjelaskan pengertian konsumsi
3. Memberikan contoh jenis barang yang di konsumsi siswa dan
keluarganya
4. Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
5. Menjelaskan hubungan daftar konsumsi yang di butuhkan dengan
sikap konsumtif seseorang
6. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang
7. Menjelaskan pengertian produksi
8. Menjelaskan pengertian sumber daya ekonomi
9. Menyebutkan macam-macam sumber daya ekonomi
10. Menjelaskan kita ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor
produksi
11. Menyebutkan usaha untuk meningkatkan jumlah dan hasil produksi
12. Menjelaskan pengertian distribusi
13. Menyebutkan tujuan produksi
14. Menjelaskan etika ekonomi dalam kegiatan distribusi
15. Menjelaskan pengertian usaha
16. Menjelaskan pengertian perusahaan
17. Menjelaskan pengertian badan usaha
B. Materi Ajar
1. Kegiatan pokok ekonomi
2. Kegiatan konsumsi
3. Aspek positif dan negatif perilaku konsumtif
4. Faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang
5. Kegiatan produksi
6. Sumber daya ekonomi
7. Macam-macam sumber daya ekonomi
8. Etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi
9. Peningkatan mutu dan jumlah hasil produksi
10. Kegiatan distribusi
11. Sistem distribusi
12. Etika ekonomi dalam distribusi
13. Perusahaan
14. Jenis perusahaan menurut lapangan usahanya
15. Badan usaha
C. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Penguasaan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan I
a. Pendahuluan
- Apersepsi
- Motivasi
b. Kegiatan Inti
- Siswa membaca buku tentang kegiatan konsumsi
- Siswa menjelaskan tentang kegiatan konsumsi
- Siswa di bantu guru menyimpylkan jawaban yang benar
c. Penutup
- Menyimpulkan
- Penilaian
2. Pertemuan II
a. Pendahuluan
- Apersepsi
- Motivasi
b. Kegiatan Inti
- Guru mengajukan pertanyaan tentang kegiatan produksi
- Siswa di beri kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari guru
- Guru membantu siswa untuk menyimpulkan jawaban yan benar
c. Penutup
- Mengumpulkan hasil tanya jawab
3. Pertemuan III
a. Pendahuluan
- Apersepsi
- Motivasi
b. Kegiatan inti
- Siswa mengamati kegiatan distribusi
- Siswa menjelaskan kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan
- Siswa dibantu guru menyimpulkan kegiatan disrtibusi
c. Penutup
- Mengumpulkan hasil kesimpulan dari pernyataan kegiatan distribusi
4. Pertemuan IV
a. Pendahuluan
- Apersepsi
- Motivasi
b. Kegiatan inti
- Siswa membaca buku tentang perbedaan usaha, perusahaan dan badan usaha
- Siswa menjelaskan tentang perbedaan antara usaha, perusahaan dan badan usaha
- Siswa dibantu guru mengumpulkan jawaban yanng benar
c. Penutup
- Mengumpulkan
- Penilaian
E. Sumber Belajar
- Buku Paket yang relevan
- Lingkungan sekolah
F. Penilaian
Penilaian proses : kerjasama dalam diskusi dan presentasi
Penilaian hasil :
a. Jawaban kelompok
b. Laporan hasil diskusi
Alat penilaian
a. Lembar Pengamatan observasi
Contoh Instrumen
1. Sebutkan kegiatan pokok ekonomi
2. Jelaskan pengertian ekonomi
3. Sebutkan faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang
4. Jelaskan pengertian produksi
5. Sebutkan sumber daya ekonomi
6. Jelaskan cara yang dilakukan etika ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi
7. Sebutkan tujuan distribusi
8. Sebutkan dan jelaskan tiga sistem distribusi
9. Sebutkan cara yang dilakukan dalam peningkatan mutu dan jumlah hasil produksi
10. Jelaskan perbedaan perusahaan dengan badan usaha
........................................................
Mengetahui
Kepala SMP .................................. Guru Mata Pelajaran
……………………………………… …………………………..
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar