Nama Mata Kuliah : Kurikulum dan Pengembangan Materi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah :
Semester / SKS : II / 2 (dua)
Program Studi : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Dosen Pembina : Drs. Suparlan, M.Ed
I. KOMPETENSI
1. Memahami pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis;
2. Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum;
3. Memahami macam-macam kurikulum;
4. Memahami komponen kurikulum;
5. Memahami perkembangan kurikulum di Indonesia;
6. Memahami KTSP;
7. Memahami silabus dan RPP;
8. Menguasai pengembangan materi berdasarkan KTSP;
9. Menerapkan pembelajaran berdasarkan KTSP.
II. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang teori kurikulum tentang pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis, beberapa definisi kurikulum, macam-macam kurikulum. Pamahaman secara teoretis ini kemudian dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk memahami tentang sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, sejak kemerdekaan sampai era reformasi, termasuk pemahaman tentang KTSP, silabus dan RPP, serta penerapannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
III. MATA KULIAH PRASYARAT
-
IV. REFERENSI
1. McNeil, John. 1985. Curriculum, A Comprehensive Introduction.
2. Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Suparlan. 2004. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, dari Konsepsi Ke Implentasi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
4. Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
5. Widiastono, Tonny D. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
6. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia II. 1994. Kurikulum Untuk Abad Ke-21. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
7. Rochman Natawidjaja (Ed). 1979. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Alat Peraga, dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.
8.
V. RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Perte- muan | Materi pembelajaran | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Refe-rensi |
I | Informasi mata kuliah | · Penjelasan tentang rancangan kegiatan pembelajaran · Ketentuan tentang kehadiran, penilaian hasil belajar, dan sebagainya · Kontrak perkuliahan, misalnya kewajiban memiliki satu buku referensi, tugas-tugas mandiri, dan sebagainya. | - |
II | Pengertian etimologis kurikulum | · Pengertian etimologi dan contoh-contohnya · Pengertian etimologis kurikulum · Perkembangan pengertian kurikulum sampai dengan formula pengertian kurikulum | 1, 2, 7 |
III | Definisi kurikulum | · Beberapa definisi kurikulum dari para pakar kurikulum · Memberikan makna definisi tersebut | 1, 7 |
IV | Macam-macam Kurikulum | · Menjelaskan macam-macam kurikulum | 3, 7 |
V | Komponen kurikulum | · Menyebutkan komponen kurikulum · Menjelaskan masing-masing kurikulum | 7 |
VI | Penyusunan kurikulum dan beberapa pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum | · Menjelaskan proses penyusunan kurikulum · Menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum | 2, 7 |
VII | Perkembangan kurikulum di Indonesia | · Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia mulai dari awal kemerdekaan sampai dengan sekarang · Menjelaskan karakteristik kurikulum-kurikulum tersebut | 3 |
VIII | UTS | · Ujian Tengah Semester | - |
IX | Dari KBK ke KTSP | · Menjelaskan kelahiran KBK sampai dengan KTSP · Menjelaskan bahwa KBK merupakan jiwa dari KTSP | 8 |
X | KTSP: Dokumen I | · Menjelaskan proses penyusunan KTSP · Menjelaskan 4 (empat) bab dalam dokumen I KTSP | 8 |
XI | KTSP: Dokumen II | · Menyebutkan isi dokumen II dalam KTSP · Menjelaskan hubungan antara dokumen I dengan dokumen II dalam KTSP | 8 |
XII | Penyusunan Silabus | · Menjelaskan pengertian silabus · Menyebutkan komponen silabus | 8 |
XIII | Praktik membuat silabus | · Menyusun silabus | 8 |
XIV | Penyusunan RPP | · Menjelaskan pengertian RPP · Menyebutkan komponen RPP | 8 |
XV | Praktik menyusun RPP | · Menyusun RPP · Mampu melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP | 8 |
XVI | UAS | · Ujian Akhir Semester | - |
VI. PENILAIAN
1. Indikator Keberhasilan
· Mampu memahami pengertian kurikulum, baik secara etimologis, terminologis, maupun terminologis;
· Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum;
· Mampu memahami macam-macam kurikulum;
· Mampu memahami komponen kurikulum;
· Mampu memahami perkembangan kurikulum di Indonesia;
· Mampu memahami KTSP;
· Mampu memahami silabus;
· Mampu memahami RPP;
· Mampu menyusun silabus;
· Mampu menyusun RPP;
· Menguasai pengembangan materi pembelajaran berdasarkan KTSP;
· Mampu melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP.
2. Teknik Penilaian
Bobot penilaian:
· Ujian Tengah Semester (A) : 2
· Ujian Akhir Semester (B) : 2
· Tugas mandiri (C) : 1
Nilai akhir semester = (AX2) + (BX2) + (CX1) : 5
3. Kriteria Penilaian
Rentang Skor | Nilai | Skala 4 | Keterangan |
80 – 100 | A | 4 | Lulus |
70 – 79 | B | 3 | Lulus |
60 – 69 | C | 2 | Lulus |
50 – 59 | D | 1 | Lulus |
< 50 | E | 0 | Tidak lulus |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Kurikulum dan Pengembangan Materi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS : 2 (dua)
Prodi : Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Semester : II (kedua)
Jumlah Pertemuan : 16 kali pertemuan tatap muka, termasuk dua kali UTS dan UAS
Dosen : Drs. Suparlan, M.Ed
Pert Ke- | Satuan Bahasan | Kompetensi Dasar dan Indikator | Metode | Media | Penilaian | Referensi |
1 | Informasi mata kuliah | Kontrak perkuliahan dengan mahasiswa, dan arahan tentang tugas-tugas mandiri yang harus dilaksanakan. | - | - | - | - |
2 | Pengertian etimologis kurikulum | Mampu memahami pengertian kurikulum: a. Menjelaskan pengertian kurikulum secara etimologis, b. Menjelaskan pengertian kurikulum secara terminologis | Ceramah Diskusi Pemberian tugas | Modul | Tugas mandiri Tes formatif | 1, 2, 7 |
3 | Definisi kurikulum | Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum: a. Menyebutkan beberapa definisi kurikulum. b. Menjelaskan makna definisi tersebut. | Ceramah Diskusi | Modul | Tes formatif | 1, 7 |
4 | Macam-macam Kurikulum | Mampu memahami macam-macam kurikulum: a. Menyebutkan macam-macam kurikulum b. Menjelaskan macam-macam kurikulum tersebut | Ceramah Diskusi | Modul Contoh dokumen kurikulum | Tes formatif | 3, 7 |
5 | Komponen kurikulum | Mampu memahami komponen kurikulum: a. Menyebutkan komponen kurikulum b. Menjelaskan komponen kurikulum | Ceramah Diskusi | Modul | Tes formatif | 7 |
6 | Penyusunan kurikulum dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum | Mampu memahami proses penyusunan kurikulum: a. Menjelaskan langkah-langkahnya b. Menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum | Ceramah Diskusi | Modul Contoh Framework of Curriculum | Tes formatif | 2, 7 |
7 | Perkembangan kurikulum di Indonesia | Mampu memahami perkembangan kurikulum di Indonesia: a. Menyebutkan kronologi perubahan kurikulum di Indonesia b. Menjelaskan perbedaannya | Ceramah Diskusi | Modul Buku 50 Tahun Pendidikan di Indonesia | Tes formatif | 3 |
8 | UTS | - | - | - | Tes tertulis | - |
9 | Dari KBK ke KTSP | Mampu memahami perubahan KBK menjadi KTSP: a. Menjelaskan kronologi perubahan KBK menjadi KTSP b. Menjelaskan hubungan antara KBK dengan KTSPa | Ceramah Diskusi | Modul Contoh artikel tentang KBK dan KTSP | Tes formatif | 8 |
10 | KTSP: Dokumen I | Mampu memahami dokumen I KTSP: a. Menyebutkan sistematika dokumen I KTSP b. Menjelaskan isi dokumen I | Ceramah Diskusi Tugas mandiri | Modul Contoh dokumen I | Tes formatif | 8 |
11 | KTSP: Dokumen II | Mampu memahami dokulem II KTSP: a. Menyebutkan isi dokumen II KTSP b. Menjelaskan hubungan antara dokumen I dan dokumen II | Ceramah Diskusi Tugas mandiri | Modul Contoh dokumen II | Tes formatif | 8 |
12 | Penyusunan Silabus | Mampu memahami silabus: a. Menyebutkan kolom-kolom silabus b. Menjelaskan isi kolom-kolom silabus | Kerja mandiri Kerja kelompok | Modul Contoh silabus | Tes formatif | 8 |
13 | Praktik membuat silabus | Mampu menyusun silabus: a. Menjelaskan langkah-langkah dalam menyusun silabus. b. Memilih kompetensi dasar dan materi serta mengembangkan menjadi silabus secara lengkap | Kerja mandiri Kerja kelompok | Modul Contoh silabus | Tes formatif | 8 |
14 | Penyusunan RPP | Mampu memahami RPP: a. Menyebutkan sistematika RPP b. Menjelaskan sistematikanya | Ceramah Diskusi | Modul Contoh RPP | Tes formatif | 8 |
15 | Praktik menyusun RPP | Menerapkan RPP dalam proses pembelajaran: a. Mempresentasikan RPP di hadapan mahasiswa lain b. Menerapkan dalam proses pembelajaran di hadapan (peer teaching) | Kerja kelompok Kerja mandiri | Modul Contoh RPP | Tes formatif | 8 |
16 | UAS | - | - | - | Tes tertulis | - |
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar