SILABUS MATA KULIAH : Kurikulum dan Pengembangan Materi Pembelajaran

Bookmark and Share

Nama Mata Kuliah : Kurikulum dan Pengembangan Materi Pembelajaran

Kode Mata Kuliah :

Semester / SKS : II / 2 (dua)

Program Studi : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Dosen Pembina : Drs. Suparlan, M.Ed

I. KOMPETENSI

1. Memahami pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis;

2. Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum;

3. Memahami macam-macam kurikulum;

4. Memahami komponen kurikulum;

5. Memahami perkembangan kurikulum di Indonesia;

6. Memahami KTSP;

7. Memahami silabus dan RPP;

8. Menguasai pengembangan materi berdasarkan KTSP;

9. Menerapkan pembelajaran berdasarkan KTSP.

II. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas tentang teori kurikulum tentang pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis, beberapa definisi kurikulum, macam-macam kurikulum. Pamahaman secara teoretis ini kemudian dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk memahami tentang sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, sejak kemerdekaan sampai era reformasi, termasuk pemahaman tentang KTSP, silabus dan RPP, serta penerapannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

III. MATA KULIAH PRASYARAT

-

IV. REFERENSI

1. McNeil, John. 1985. Curriculum, A Comprehensive Introduction. Boston: Little, Brown and Company.

2. Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

3. Suparlan. 2004. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, dari Konsepsi Ke Implentasi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

4. Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

5. Widiastono, Tonny D. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

6. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia II. 1994. Kurikulum Untuk Abad Ke-21. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

7. Rochman Natawidjaja (Ed). 1979. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Alat Peraga, dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.

8. Australia Indonesia Basic Education Program. 2007. Bahan Pelatihan Whole School Development (WSD) dan Whole District Development (WDD).

V. RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Perte-

muan

Materi pembelajaran

Pengalaman Belajar

Mahasiswa

Refe-rensi

I

Informasi mata kuliah

· Penjelasan tentang rancangan kegiatan pembelajaran

· Ketentuan tentang kehadiran, penilaian hasil belajar, dan sebagainya

· Kontrak perkuliahan, misalnya kewajiban memiliki satu buku referensi, tugas-tugas mandiri, dan sebagainya.

-

II

Pengertian etimologis kurikulum

· Pengertian etimologi dan contoh-contohnya

· Pengertian etimologis kurikulum

· Perkembangan pengertian kurikulum sampai dengan formula pengertian kurikulum

1, 2, 7

III

Definisi kurikulum

· Beberapa definisi kurikulum dari para pakar kurikulum

· Memberikan makna definisi tersebut

1, 7

IV

Macam-macam Kurikulum

· Menjelaskan macam-macam kurikulum

3, 7

V

Komponen kurikulum

· Menyebutkan komponen kurikulum

· Menjelaskan masing-masing kurikulum

7

VI

Penyusunan kurikulum dan beberapa pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum

· Menjelaskan proses penyusunan kurikulum

· Menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum

2, 7

VII

Perkembangan kurikulum di Indonesia

· Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia mulai dari awal kemerdekaan sampai dengan sekarang

· Menjelaskan karakteristik kurikulum-kurikulum tersebut

3

VIII

UTS

· Ujian Tengah Semester

-

IX

Dari KBK ke KTSP

· Menjelaskan kelahiran KBK sampai dengan KTSP

· Menjelaskan bahwa KBK merupakan jiwa dari KTSP

8

X

KTSP: Dokumen I

· Menjelaskan proses penyusunan KTSP

· Menjelaskan 4 (empat) bab dalam dokumen I KTSP

8

XI

KTSP: Dokumen II

· Menyebutkan isi dokumen II dalam KTSP

· Menjelaskan hubungan antara dokumen I dengan dokumen II dalam KTSP

8

XII

Penyusunan Silabus

· Menjelaskan pengertian silabus

· Menyebutkan komponen silabus

8

XIII

Praktik membuat silabus

· Menyusun silabus

8

XIV

Penyusunan RPP

· Menjelaskan pengertian RPP

· Menyebutkan komponen RPP

8

XV

Praktik menyusun RPP

· Menyusun RPP

· Mampu melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP

8

XVI

UAS

· Ujian Akhir Semester

-

VI. PENILAIAN

1. Indikator Keberhasilan

· Mampu memahami pengertian kurikulum, baik secara etimologis, terminologis, maupun terminologis;

· Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum;

· Mampu memahami macam-macam kurikulum;

· Mampu memahami komponen kurikulum;

· Mampu memahami perkembangan kurikulum di Indonesia;

· Mampu memahami KTSP;

· Mampu memahami silabus;

· Mampu memahami RPP;

· Mampu menyusun silabus;

· Mampu menyusun RPP;

· Menguasai pengembangan materi pembelajaran berdasarkan KTSP;

· Mampu melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP.

2. Teknik Penilaian

Bobot penilaian:

· Ujian Tengah Semester (A) : 2

· Ujian Akhir Semester (B) : 2

· Tugas mandiri (C) : 1

Nilai akhir semester = (AX2) + (BX2) + (CX1) : 5

3. Kriteria Penilaian

Rentang Skor

Nilai

Skala 4

Keterangan

80 – 100

A

4

Lulus

70 – 79

B

3

Lulus

60 – 69

C

2

Lulus

50 – 59

D

1

Lulus

< 50

E

0

Tidak lulus


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah : Kurikulum dan Pengembangan Materi Pembelajaran

Kode Mata Kuliah :

Jumlah SKS : 2 (dua)

Prodi : Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Semester : II (kedua)

Jumlah Pertemuan : 16 kali pertemuan tatap muka, termasuk dua kali UTS dan UAS

Dosen : Drs. Suparlan, M.Ed

Pert

Ke-

Satuan Bahasan

Kompetensi Dasar

dan Indikator

Metode

Media

Penilaian

Referensi

1

Informasi mata kuliah

Kontrak perkuliahan dengan mahasiswa, dan arahan tentang tugas-tugas mandiri yang harus dilaksanakan.

-

-

-

-

2

Pengertian etimologis kurikulum

Mampu memahami pengertian kurikulum:

a. Menjelaskan pengertian kurikulum secara etimologis,

b. Menjelaskan pengertian kurikulum secara terminologis

Ceramah

Diskusi

Pemberian tugas

Modul

Tugas mandiri

Tes formatif

1, 2, 7

3

Definisi kurikulum

Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum:

a. Menyebutkan beberapa definisi kurikulum.

b. Menjelaskan makna definisi tersebut.

Ceramah

Diskusi

Modul

Tes formatif

1, 7

4

Macam-macam Kurikulum

Mampu memahami macam-macam kurikulum:

a. Menyebutkan macam-macam kurikulum

b. Menjelaskan macam-macam kurikulum tersebut

Ceramah

Diskusi

Modul

Contoh dokumen kurikulum

Tes formatif

3, 7

5

Komponen kurikulum

Mampu memahami komponen kurikulum:

a. Menyebutkan komponen kurikulum

b. Menjelaskan komponen kurikulum

Ceramah

Diskusi

Modul

Tes formatif

7

6

Penyusunan kurikulum dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum

Mampu memahami proses penyusunan kurikulum:

a. Menjelaskan langkah-langkahnya

b. Menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum

Ceramah

Diskusi

Modul

Contoh Framework of Curriculum Australia Barat

Tes formatif

2, 7

7

Perkembangan kurikulum di Indonesia

Mampu memahami perkembangan kurikulum di Indonesia:

a. Menyebutkan kronologi perubahan kurikulum di Indonesia

b. Menjelaskan perbedaannya

Ceramah

Diskusi

Modul

Buku 50 Tahun Pendidikan di Indonesia

Tes formatif

3

8

UTS

-

-

-

Tes tertulis

-

9

Dari KBK ke KTSP

Mampu memahami perubahan KBK menjadi KTSP:

a. Menjelaskan kronologi perubahan KBK menjadi KTSP

b. Menjelaskan hubungan antara KBK dengan KTSPa

Ceramah

Diskusi

Modul

Contoh artikel tentang KBK dan KTSP

Tes formatif

8

10

KTSP: Dokumen I

Mampu memahami dokumen I KTSP:

a. Menyebutkan sistematika dokumen I KTSP

b. Menjelaskan isi dokumen I

Ceramah

Diskusi

Tugas mandiri

Modul

Contoh dokumen I

Tes formatif

8

11

KTSP: Dokumen II

Mampu memahami dokulem II KTSP:

a. Menyebutkan isi dokumen II KTSP

b. Menjelaskan hubungan antara dokumen I dan dokumen II

Ceramah

Diskusi

Tugas mandiri

Modul

Contoh dokumen II

Tes formatif

8

12

Penyusunan Silabus

Mampu memahami silabus:

a. Menyebutkan kolom-kolom silabus

b. Menjelaskan isi kolom-kolom silabus

Kerja mandiri

Kerja kelompok

Modul

Contoh silabus

Tes formatif

8

13

Praktik membuat silabus

Mampu menyusun silabus:

a. Menjelaskan langkah-langkah dalam menyusun silabus.

b. Memilih kompetensi dasar dan materi serta mengembangkan menjadi silabus secara lengkap

Kerja mandiri

Kerja kelompok

Modul

Contoh silabus

Tes formatif

8

14

Penyusunan RPP

Mampu memahami RPP:

a. Menyebutkan sistematika RPP

b. Menjelaskan sistematikanya

Ceramah

Diskusi

Modul

Contoh RPP

Tes formatif

8

15

Praktik menyusun RPP

Menerapkan RPP dalam proses pembelajaran:

a. Mempresentasikan RPP di hadapan mahasiswa lain

b. Menerapkan dalam proses pembelajaran di hadapan (peer teaching)

Kerja kelompok

Kerja mandiri

Modul

Contoh RPP

Tes formatif

8

16

UAS

-

-

-

Tes tertulis

-

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar